SMK Muhammadiyah 2 Malang

Jl. Baiduri Sepah 27 Tlogomas, Lowokwaru, Kota Malang 65144

Berwawasan, Berkarakter dan Terampil

Perbanyak Siswa Dulu, Mutu, Spesifikasi Unik

Jum'at, 09 Oktober 2020 ~ Oleh administrator ~ Dilihat 11 Kali

TABLOIDMATAHATI.COM, TLOGOMAS-Puluhan guru SMK Muhammadiyah 2 Kota Malang disingkat SMK Muda, mendapatkan motivasi dari Direktur Pembinaan SMK Kemendikbud Dr. Ir. M Bakrun, MM, tadi pagi (9/10/2020). Motivasi tersebut dikatakan Bakrun terkait diterimanya dana Rp. 2,2 miliar kepada SMK Muda sebagai calon sekolah CoE (centre of excellence). Agar berkembang menjadi sekolah penggerak (CoE) maka kuncinya hanya satu yakni komitmen bersama.

Sebab komitmen ini, tandas Bakrun,  merupakan salah satu faktor penting agar sekolah berkembang. Jika SMK Muda sekarang mempunyai sekitar 30 guru, maka dengan komitmen bersama setiap guru harus membawa 10 siswa setipa tahun, maka sekolah akan cepat berkembang.

Perbanyak Siswa Dulu, Mutu, Spesifikasi Unik 1
Sekolah harus meningkatkan jumlah siswa, kemudian meningkat mutu, dengan spesifikasi yang unik.

Berkembangnya sekolah swasta, lanjut Bakrun, akan berpengaruh pada kesejahteraan guru dan sekolah itu sendiri. Apalagi sekolah Muhammadiyah, tidak mungkin membebani siswa dengan biaya sekolah tinggi. Itu sebabnya jumlah siswa menjadi pertimbangan pemerintah dalam memberikan bantuan pada suatu sekolah.

“Jumlah siswa itu sangat menetukan pemberian bantuan dari pemerintah pada sekolah. Sebab semakin banyak siswanya maka use factor bantuan pemerintah yang akan menggunakan juga banyak,” akunya.

Sederhanya, kata Bakrun jika sekarang umlah siswanya 300 orang maka dengan komitmen bersama tahun depan dapat menjadi 500 orang. Maka mulai saat ini harus dimulai komitmen tersebut. Maka tanggungjawab meningkatkan jumlah siswa bukan tanggungjawab panitia, melainkan semua warga sekolah sebagai panitia penerimaan siswa baru.

Jika hal ini diterapkan, ungkap Bakrun maka jumlah siswa akan meningkat menjadi berkali lipat jumlahnya. Tempat? Tidak menjadi persoalan. Sebab belajar dapat menggunakan masjid atau yang lain. Tempat lain dimaksud Bakrun adalah bengkel, laboratorium, dan industri.

Berdasarkan hal ini, Bakrun sekali lagi mengatakan perbanyak jumlah siswa kemudian mutu. Sebab mutu memang perlu namun harus investasi besar. Mutu sekolah berkaiatan dengan spesifikasi itu sebabnya harus ditentukan spesifikasinya yang unik dibandingkan yang lain. (foto/editor: doni osmon)

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Hj. Nur Cholis, S.Pd

Assalamu'alaikum Wr. Wb Selamat datang Di Web SMK Muhammadiyah 2 Malang yang beralamatkan di JL. Baiduri Sepah No.27 Tlogomas Lowokwaru…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Apakah anda merasa puas dengan website ini?

LIHAT HASIL